Jumat, 15 Februari 2013

Unknown

Pulau Lengkuas



Pulau Lengkuas merupakan pulau kecil dengan luas kurang dari satu hektar yang terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Pulau ini merupakan tempat yang benar-benar menyenangkan untuk melakukan berbagai wisata air seperti berenang, snorkeling, ataupun memancing. Air lautnya begitu jernih, hingga di wilayah-wilayah yang dangkal, pengunjung pun dapat melihat ke dasar laut dan menyaksikan ikan-ikan yang berenang di dalamnya. Selain itu, Pulau Lengkuas juga merupakan tempat yang cocok untuk merilekskan diri, dengan cara berjemur dan beristirahat di pantai yang berpasir putih, seraya ditemani angin yang bertiup semilir.

Di sekitar Pulau Lengkuas terdapat pulau-pulau yang terdiri dari bebatuan granit yang sebagian besar di antaranya belum bernama. Pulau-pulau yang sangat kecil ini, bahkan dapat ditempuh dengan berjalan ataupun berenang melintasi laut dangkal yang kedalamannya tidak lebih dari 1,2 m.
Di tengah Pulau Lengkuas sebuah mercusuar tua, berwarna putih, dan terbuat dari besi, berdiri tegak. Mercusuar ini dibangun pada tahun 1882 oleh pemerintahan kolonial Belanda, dan hingga kini masih difungsikan sebagai penuntun lalu lintas kapal yang lewat maupun keluar masuk Pulau Belitung.
Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lengkuas, dapat menaiki mercusuar yang memiliki tinggi kurang lebih 50 m. Untuk menuju ke atas memang membutuhkan tenaga ekstra, namun begitu sampai di puncak mercusuar, wisatawan dapat melihat keindahan seluruh Pulau Lengkuas. Segala keletihan menaiki tangga segera terbayar begitu melihat cantiknya gradasi warna hijau dan biru pada air laut. Belum lagi dengan bebatuan granit besar yang menyembul di tengah-tengah hamparan air laut. Dari puncak mercusuar ini pula wisatawan dapat melihat Pulau Belitung yang terkadang diselimuti awan.

Unknown

About Unknown -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :