Kamis, 14 Februari 2013

Unknown

Tempat-tempat Wisata di Jambi

Provinsi Jambi punya ratusan objek wisata mulai dari sejarah, alam, hingga minat khusus seperti arung jeram. Tak banyak wisatawan yang tahu tentang potensi pariwisata Provinsi Jambi. Padahal, Jambi menyuguhkan ratusan objek wisata untuk turis dengan beragam minat. 
Berikut adalah Tempat-tempat wisata di Provinsi Jambi :


1.Taman Mini dan Taman Rimba Kota Jambi


Wisata Taman Mini dan Taman Rimba Kota Jambi adalah objek wisata andalan yang terdapat di Kota Jambi. Letak yang strategis dari taman ini yang berada di tengah-tengah kota dan jarak dari Bandar Udara Sulthan Thaha Syaifuddin tidak begitu jauh. Wisata Taman Mini dan Taman Rimba Kota Jambi menjadi objek wisata andalan bagi masyarakat kota jambi, objek wisata tersebut adalah sebagian upaya dari pemerintah di tengah minimnya sarana bermain, taman hiburan, dan tempat wisata di Kota Jambi.


Didirikan sekitar awal tahun 80′an, taman ini dibangun di atas lahan seluas 18 hektar dengan menggabungkan dua konsep wisata, yaitu wisata bermain dan kebun binatang. Di taman ini, selain dapat melihat aneka jenis hewan, wisatawan juga dapat menikmatai berbagai macam permainan. Oleh sebab itu, kemudian objek wisata ini disebut dengan Wisata Taman Mini dan Taman Rimba Kota Jambi .

Kawasan ini juga pernah dijadiak sebagai pusat penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional ke-18 pada tahun 1997. Di dalam taman dibangun beberapa fasilitas penunjang, seperti rumah panggung (Kejang Lako), tribun, dan 6 rumah adat yang masing-masing mewakili kabupaten yang ada di Provinsi Jambi demi mendukung kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Hingga saat ini bangun tersebut tetap di pertahankan dan sebagai pelengkap Wisata Taman Mini dan Taman Rimba Kota Jambi .


2. Danau Kerinci



Danau Kerinci terletak di kaki Gunung Raja dan merupakan danau vulkanik seluas 4.200 hektar dengan kedalaman 110 meter, dengan ketinggian 783 meter di atas permukaan laut dan memiliki kelililing sepanjang 70 km. Secara administratif termasuk dalam Kecamatan Danau Kerinci dan Kecamatan Keliling Danau.

3. Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) adalah area konservasi alam. Taman seluas 1.368.000 Ha (hasil tata batas) ini terletak di empat provinsi, yaitu: Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, dan Sumtera Selatan. Taman nasional ini merupakan penyatuan dari beberapa cagar alam, yaitu Inderapura dan Bukit Tapan, serta Suaka Margasatwa Rawasa Huku Lakitan-Bukit Kayu Embun dan Gedang Seblat. Kawasan tersebut berfungsi sebagai hidro-orologis yang sangat vital bagi wilayah sekitarnya.

Flora yang dilindungi di TNKS termasuk Kantung Semar (Nephents Ampularia),Bunga Anggrek dan diantaranya tumbuhan-tumbuhan tropikal. Fauna yang dilindungi termasuk Macan, Beruang, Rusa dan jenis-jenis primata dan burung.

Endemik primata yang dilindungi di TNKS termasuk Simpai, Ungkou, Siamang (Symphanlangus Syndactylus), monyet dan monyet berhidung panjang. Berbagai jenis burung termasuk Rangkong, Tohtor dan burung Kuau serta Elang. Kebanyakan adalah fauna yang langka.



4. Danau Gunung Tujuh




Danau Gunung Tujuh adalah danau yang indah dan unik di Indonesia. Danau ini berada di puncak Gunung Tujuh dan menjadi salah satu danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara dengan luas sekira 960 hektar, panjang 4,5 km, serta lebar 3 km. Ketinggian danau tersebut sekira 1,950 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi.
Karena letaknya di atas gunung, menjadikan suasana danau masih asri dan alami. Udara segar, panorama hijau, dan air danau yang jernih menyuguhkan keindahan yang mampu membuat Anda betah untuk berlama-lama menikmati pemandangannya. Selain sebagai tempat melepas penat dan bersantai, danau ini juga digunakan sebagai sumber mata pencaharian nelayan setempat.

Danau Gunung Tujuh adalah danau vulkanik nan menawan yang tercipta karena proses letusan gunung api yaitu Gunung Tujuh di Kabupaten Kerinci. Letusan gunung tersebut menyebabkan terbentuknya sebuah kawah besar yang kemudian terisi oleh air hujan sehingga membentuk sebuah danau. Danau Gunung Tujuh mengaliri beberapa sungai di Jambi, salah satu alirannya bermuara di Sungai Batanghari.
Danau gunung tujuh memiliki luas sekira 12.000 m² dan termasuk dalam wilayahTaman Nasional Kerinci Semblat sehingga di sini Anda berkesempatan untuk mendakinya selepas mengunjungi danau ini. 

Dinamai Danau Gunung Tujuh karena dikelilingi tujuh puncak gunung di sekitarnya. Gunung-gunung tersebut, yaitu: Gunung Hulu Tebo (2.525 meter), Gunung Hulu Sangir (2.330 m), Gunung Madura Besi (2.418 m), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis lumut (2.350 m), Gunung Selasih (2.230 m), Gunung Jar Panggang (2.469 m), dan Gunung Tujuh (2.735 m).

Keberadaan danau ini beriring dengan cerita legenda masyarakat setempat sebagai tempat berdiamnya kekuatan supranatural dari dua mahluk halus yang menjaganya yaitu Lbei Sakti dan Saleh Sri Menanti dengan pengikutnya yang berwujud harimau. Penuturan lain menceritakan bahwa danau ini dihuni sepasang naga. Naga jantan menghuni danau dan naga betina menghuni hulu sungainya. Masyarakat Kerinci mengenali Danau Gunung Tujuh sebagai Danau Sakti. Hal tersebut dikaitkan dengan air danau yang senantiasa bersih dimana dedaunan yang jatuh dari pohon di sekitar danau tidak nampak di airnya. Sering pula diceritakan terjadi perubahan cuaca secara tiba-tiba di danau ini. Sebagian warga sekitar menyebutnya danau ini dengan nama Danau Para Dewa yang menyimpan pesona sekaligus misteri.



5. Air Terjun Telun Berasap


Air Terjun Telun Berasap merupakan obyek wisata alam yang ada di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Air terjun tersebut bersumber dari sungai yang berhulu di Danau Gunung Tujuh yang mengalir melewati tebing terjal dengan ketinggian sekitar 50 m. Orang Jambi menyebutnya Air Terjun Telun Berasap karena besarnya debit air yang turun sehingga menimbulkan "kabut air" di sekelilingnya.
Di balik Air Terjun Telun Berasap, terdapat sebuah goa. Masyarakat setempat tidak berani memasuki goa tersebut karena medannya begitu sulit dilalui. Air terjun yang sangat deras dengan karang yang terjal, menyebabkan gua tersebut tidak pernah dikunjungi oleh masyarakat maupun para wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Air Terjun Telun Berasap.



Air terjun Telun Barasap menyuguhkan pemandangan yang indah, dengan debit air yang deras sehingga membentuk percikan air yang lembut mirip seperti asap putih atau dikenal juga dengan kabut air. Butiran-butiran uap air yang terbentuk dari kabut air tersebut berwarna indah tatkala disinari cahaya mentari dengan memantulkan kemilau cahaya yang berwarna-warni.
Air terjun ini terletak di Desa Telun Berasap, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Indonesia.






Unknown

About Unknown -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

4 komentar

Write komentar
29 Agustus 2017 pukul 17.47 delete

wah mantap banget min, setelah baca arrtikel ini jadi pengen berkunjung ke jambi nih, tempat-tempat disana benar-benar bikin wisatawan jadi greget
thanks ya min buat infnya

Reply
avatar
RentalCar
AUTHOR
6 April 2018 pukul 08.59 delete

wah mantap,pengen maen ke jambi..
cvtugurentcar

Reply
avatar